5 Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan

Menurut dokter Irwin Kurniadi, ada beragam fakor penyebab rendahnya tingkat kesadaran masyarakat untuk berolahraga. Salah satunya adalah perkembangan teknologi. Meski tujuan utama teknologi memudahkan, namun belakangan ini kehadiran teknologi mengubah pola pikir dan kebiasaan seseorang. “Misalnya motor, dulu kita masih bisa jalan kaki ke warung, sekarang harus pakai motor meskipun lokasi warung itu cukup dekat,” kata dokter Rumah Sakit Awal Bros Batam tersebut.

5 Manfaat Olahraga

1 Meningkatkan kualitas tidur

Seseorang yang menyempatkan diri untuk melakukan kegiatan olahraga setelah seharian melakukan rutinitas, dapat membantu untuk meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Dengan kualitas tidur yang baik akan membuat tubuh kembali segar dan akan lebih siap melakukan aktivitas keesokan harinya. 

2 Menjaga kestabilan berat badan

Seseorang yang rutin melakukan kegiatan olahraga dapat memiliki bentuk tubuh yang ideal, terlihat segar, bugar, dan lebih sehat. “Menjaga berat badan sangat penting, sebab 70 persen penyebab kematian adalah berat badan. Seseorang yang kecenderungan memiliki berat akan menimbulkan penyakit obesitas, terus larinya ke jantung, dan diabetes

3 Membantu menstimulasi zat–zat kimia pada otak

seseorang yang rutin berolahraga akan meningkatkan mood seseorang. Dokter Irwin mengatakan berolahrga dapat membantu menstimulasi zat–zat kimia pada otak yang pada akhirnya dapat membuat seseorang lebih santai dan merasa lebih bahagia. Timbulnya perasaan ini dapat meningkatkan mood seseorang.

4 Membuat tubuh lebih segar dan mengembalikan gairah seksual

Setelah seharian melakukan rutinitas yang menguras tenaga, tubuh akan terasa lelah dan letih. Hal tersebut tentu saja akan berdampak pada kualitas hubungan seksual seseorang. 

5 Dapat menghindarkan seseorang dari berbagai jenis penyakit

Sebab berolahraga secara rutin sangat dianjurkan oleh para ahli kesehatan, hal ini dikarenakan dengan berolahraga dapat membantu menurunkan risiko terjangkit beberapa jenis penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, osteoporosis, maupun berbagai jenis penyakit berbahaya lainnya.

Sumber: http://awalbros.com/umum/5-manfaat-olahraga-untuk-kesehatan/