Cara Dropship Menggunakan Resi Otomatis di Shopee

  Saat ini, hampir semua jasa pengiriman di Shopee menggunakan resi otomatis atau cashless. Hal ini tentunya menjadi hambatan bagi dropshipper yang biasa menggunakan sistem resi manual. Jika bisa dropship menggunakan sistem resi otomatis, maka Dropshipper juga bisa mengaktifkan fitur COD, yang bisa berpotensi meningkatkan penjualan. Tapi, apakah ada cara dropship menggunakan resi otomatis di Shopee? Tentu saja ada. Tapi sebelum ke pembahasan inti, ada baiknya jika Saya menjelaskan dulu tentang resi otomatis atau disebut juga cashless. Apa sih resi otomatis itu? Biar saya jelskan lebih rinci. Saat seseorang membayar barang di Shopee, orang tersebut tidak akan langsung mendapat resi. Resinya akan di input oleh penjual setelah barang dikirimkan+penjual membayar ongkos kirim yang sesuai. Itulah yang dinamakan resi manual. Sedangkan resi otomatis adalah sistem pembelian yang resinya langsung ada setelah costumer membayar barang. Jadi, penjual tidak perlu menginput resinya secara manual. Dan barang jualan tersebut bisa dikirimkan ke counter jasa kirim terdekat, atau bisa juga dijemput ke rumah si Penjual oleh jasa kirim. Dan keunggulannya adalah si Penjual tidak perlu membayar ongkos kirimnya, karena ongkos kirim dari pembeli akan langsung diterukan ke jasa kirim oleh Shopee.

Berikut adalah langkah-langkah dropship menggunakan resi otomatis di Shopee:

 

1. Cari Supplier

Hal pertama yang pastinya harus dilakukan adalah mencari Supplier produk dan memostingnya. Nah, kebetulan saya sudah membuat artikel tentang cara mencari Supplier tangan pertama di Shopee. Linknya akan saya taruh dibawah. Tapi, saya juga akan menjelaskannya sedikit di sini. Intinya carilah Supplier yang memiliki reputasi dan performa yang bagus. Yaitu memiliki predikat sebagai Star Seller, rating toko 4.7+, dan performa chat diatas 90%. Kenapa semua hal diatas penting? Sangat penting sekali, karena dropship menggunakan resi otomatis tidak akan memesan produk di Shopee, tapi langsung kepada Supplier melalui WhatsApp. Status sebagai Star Seller diperlukan untuk menandakan bahwa Penjual tersebut adalah orang yang berdedikasi pada bisnisnya. Rating toko lebih dari 4.7 diperlukan untuk membuktikan bahwa produk yang dijualnya berkualitas dan digemari oleh orang-orang. Dan performa chat lebih dari 90% bisa menandakan bahwa penjual tersebut memiliki Admin yang responsif dalam membalas chat.

2. Hubungi Supplier

Setelah Anda menemukan Supplier dengan kriteria diatas, jangan ragu-ragu untuk langsung menghubunginya. Beberapa hal yang harus ditanyakan adalah:
  • Apakah menerima dropship?
  • Apakah menerima dropship dengan resi otomatis?
  • Apakah stok produknya selalu tersedia?
  • Apakah barangnya di pick up atau diantar ke counter?
  • Minta nomor WhatsApp?

3. Order Produk via WhatsApp

Setelah Anda melakukan semua hal diatas. Selanjutnya adalah melakukan dropship dengan sistem resi otomatis. Untuk langkah-langkahnya silahkan dipahami dengan baik.

1. Pembelian oleh pembeli

Saat ada pelanggan yang membeli dan sudah melakukan pembayaran, silahkan klik dan pilih apakah barang akan diantar ke counter atau di pick up. Sebaiknya sesuaikan dengan Supplier.

2. Pencatatan

Setelah itu Anda catat no resi, nama Costumer, no hp, dan alamatnya. Kemudian kirimkan data tersebut ke Supplier. Tapi, jika ingin mudah, ada fitur cetak resi yang disediakan oleh Shopee. Download filenya kemudian kirimkan ke Supplier.  

3. Pembayaran

Setelah Supplier mengkonfirmasi dan memberikan total harga yang dibayarkan, bayarlah sesuai harga yang tertera. Metode pembayaran sebaiknya menyesuaikan dengan costumers. Untuk mengatasi pembayaran ke beda Bank yang mengharuskan membayar biaya admin sebesar Rp6.500,-. Anda bisa menggunakan layanan transfer uang bebas biaya admin, yaitu Flip.

4. Selesai

Setelah itu tinggal tunggu saja status pengiriman di Shopee terupdate secara otomatis. Mudah bukan? Dropship menggunakan resi otomatis memang mudah dilakukan. Tapi, karena metode pembayarannya diluar Shopee, dan tidak ada yang menjamin terhindar dari penipuan, sebaiknya carilah Supplier yang benar-benar jujur dan dapat Anda percaya. Jika Anda mengalami penipuan yang dilakukan oleh Supplier, Anda bisa melaporkannya ke pihak Bank yang digunakan oleh Supplier, tentunya Anda harus memiliki data-data dan bukti yang lengkap. Sumber: https://www.magezy.com/cara-dropship-menggunakan-resi-otomatis/