Cara Merawat Alat-Alat Fitnes

    Melakukan fitness secara rutin dan teratur merupakan salah satu cara menjaga stamina dan kesehatan tubuh. Namun demikian, penggunaan alat-alat fitness tentunya juga harus memperhatikan optimalisasi penggunaannya dengan cara merawat dengan sebaik-baiknya dan dilakukan secara rutin atau berkala. Cara merawat alat-alat fitness sebenarnya tidak berbeda jauh dengan perawatan alat-alat mekanik lainnya seperti bearing, poros ataupun lengan ayun, hanya saja yang membedakan hanya susunan struktur gabungan tiap alat fitness. Namun demikian, kenali beberapa tips singkat perawatan ringan alat-alat fitness untuk mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah. Apa saja kiat dan tipsnya?   Berikut ini beberapa kiat dan tips cara merawat alat-alat fitness sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:
  • Handle. Handle atau pegangan biasanya memiliki bau tidak sedap yang disebabkan oleh keringat ataupun kotoran. Apabila handle terbungkus dengan spon, gunakan alkohol untuk menghilangkan bau tak sedap dengan cara disemprotkan. Namun apabila pembungkus handle dapat dilepas, cuci biasa dengan menggunakan air sabun sambil diremas-remas kemudian dikeringkan.
  • Poros. Apabila kondisi poros atau as sudah terlihat sedikit kering yang dapat terlihat dengan adanya warna kekuningan atau kecoklatan sewarna karat, gunakan pelumas semprot bertekanan yang banyak beredar di pasaran. Selain praktis karena tidak perlu melepas bagian-bagian alat fitness, harganya juga relatif terjangkau.
  • Bearing. Bearing biasanya terdapat pada bagian bawah treadmill yang berguna sebagai bantalan untuk berjalan atau berlari. Perhatikan kondisi bearing, apabila sudah kering atau susah untuk berputar, gunakan minyak pelumas berbentuk padat atau pasta. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan alat khusus bertekanan yang berguna untuk pelapisan bagian dalam bearing. Alat ini bentuknya hampir mirip dengan pompa angin yang biasa digunakan untuk memompa ban.
  • Lengan ayun. Satu hal yang biasanya dilupakan ketika merawat alat fitness adalah lengan ayun. Lengan ayun biasanya berbentuk seperti poros atau as, namun biasanya tidak dilengkapi dengan karet sealant yang berfungsi untuk mencegah masuknya air. Pada keadaan tertentu, lengan ayun bisa saja mengering, sehingga mengurangi kenyamanan pemakaian alat fitness. Gunakan pelumas berbentuk pasta agar lengan ayun tidak mudah berkarat.
Demikianlah beberapa kiat dan tips cara merawat alat-alat fitness yang bisa dilakukan sendiri. Namun demikian, apabila merasa kesulitan, meminta bantuan tenaga ahli juga patut dipertimbangkan. Semoga bermanfaat.