Tips Memilih Sepatu Fitness Terbaik untuk Pria

Cara memilih sepatu fitness untuk pria

Agar mendapatkan sepatu fitness yang tepat, Anda tidak boleh hanya memperhatikan ukurannya saja. Jenis latihan, fitness level, dan bobot sepatu pun perlu dipertimbangkan dengan baik Simak penjelasan selanjutnya di bawah ini.

Sesuaikan tipe sepatu dengan jenis latihan Anda

Poin penting pertama dalam memilih sepatu training adalah menyesuaikan tipenya dengan jenis latihan. Secara umum terdapat empat kategori sepatu yang bisa Anda pilih. Ada sepatu untuk latihan universal, fitness classweightlifting, dan lari yang memiliki keunggulan berbeda satu sama lain.

Sepatu universal, untuk semua jenis latihan

 
Sepatu yang multifungsi ini cocok untuk berbagai jenis latihan, seperti weightlifting, lari, aerobik, yoga, ataupun fitness class. Itu sebabnya, tipe ini direkomendasikan untuk para pemula yang kebanyakan masih belum mengetahui latihan yang perlu difokuskan. Keunggulan dari tipe universal adalah cukup baik dalam merespons berbagai gerakan, baik vertikal maupun horizontal.
Untuk mencegah cedera saat fitness, tipe ini dirancang dengan bantalan medium serta stabilitas dan kenyamanan yang pas. Tampilan tipe ini sekilas terlihat sama dengan sepatu lari atau sepatu fashion. Jadi, sebelum membeli, pastikan bahwa sepatu pilihan Anda adalah sepatu fitness atau training shoes.  

Sepatu fitness class, untuk mengakomodasi gerakan menyamping

Jika Anda gemar melakukan fitness class, sepatu yang mampu merespons gerakan ke berbagai arah ini bisa dijadikan pilihan. Tipe ini cocok untuk workout dengan gerakan cepat, menyamping, dan memutar ke berbagai sisi. Rata-rata, sepatu fitness class memiliki potongan tinggi dan dirancang untuk melindungi kaki, bahkan saat Anda bergerak terlalu bertenaga.

Sepatu weightlifting, untuk yang berfokus pada strength training

Untuk latihan yang mengutamakan kekuatan, contohnya weightlifting, Anda membutuhkan sepatu gym dengan stabilitas dan grip yang kuat. Hal tersebut dimaksudkan supaya Anda mampu menahan beban dengan optimal. 

Untuk memberi keamanan lebih, kami juga merekomendasikan sepatu weightlifting model high cut. Namun, sepatu tersebut lebih cocok untuk orang yang memang benar-benar menekuni strength training. Untuk Anda yang baru saja memulai latihan beban, sepatu universal saja sudah cukup.

 

Sepatu lari, untuk fleksibilitas di atas treadmill

    Sepatu lari menitikberatkan kepada fleksibilitas bantalan dan bobot yang ringan untuk mengurangi beban pada lutut. Strukturnya juga dikhususkan untuk bergerak maju. Sementara itu, sepatu untuk latihan fitness memiliki sol yang lebih kaku untuk meningkatkan stabilitas. Jadi, untuk gerakan lari di atas treadmill, sepatu lari tentu saja lebih direkomendasikan daripada sepatu universal.