Pola Latihan Yang Direkomendasikan Untuk Pemula Saat Ngegym

  Fitness saat ini telah menjadi salah satu gaya hidup bagi sebagian orang. Kegiatan merawat tubuh tersebut tidak dilakukan dengan sembarangan, banyak pola latihan atau teknik agar tubuh sesuai dengan apa yang sesuai ekspektasi. Maraknya pola hidup sehat dibarengi dengan banyaknya tempat untuk ngegym tersebut. Sebagai pemula yang pergi ke gym, tentu kalian dibuat bingung dengan; Mesin apa yang harus digunakan? Latihan seperti yang dilakukan pertama kali? Baiklah, berikut adalah pola latihan yang harus diperhatikan untuk pemula.

1. The Leg Press

  Pola latihan yang pertama yaitu The Leg Press, di mana kalian akan melatih seluruh tubuh dari urutan otot terbesar sampai otot terkecil. Leg press dilakukan untuk melatih seluruh otot kaki, hal yang perlu dilakukan saat leg press adalah full range of motion. Beban yang disarankan untuk pemula adalah 70-90 kilogram. Lakukan lima set dengan enam sampai dua belas repetisi. Ada baiknya, sebelum leg press kalian dapat melakukan pemanasan di atas treadmill selama 5-10 menit  

2. Lat Pulldown

    Latihan ini melatih otot punggung, memfokuskan tubuh pada bagian musculus lasttisimus dorsi dari seluruh bagian punggung. Latihan ini sangat baik, khususnya untuk kalian yang ingin belajar gerakan pull up. Beban yang direkomendasikan untuk pemula adalah 30-40 kilogram. Lakukan empat set dengan enam sampai dua belas repetisi.  

3. Chest Press

    Pola latihan berikut ini menjadi favorit bagi banyak orang, yakni latihan untuk otot dada, chest press. Pola ini hampir sama dengan leg press, menggunakan full range of motion. Untuk posisi yang baik, posisikan tubuh setinggi dengan alat pegangan chest press, agar lengan tidak terlalu sulit untuk melakukan dorongan saat latihan. Beban yang direkomendasikan untuk pemula sekitar 25 kilogram, dilakukan tiga sampai empat set dengan enam sampai dua belas repetisi.