Tips Fitness untuk Badan Kurus

  Tips fitnes untuk badan ectomorph / badan kurus sangat cocok disimak oleh kalian yang ingin mendapatkan tubuh yang berisi dan berotot. Dengan memiliki badan kurus akan membuat kurang percaya diri dan terlihat kurang fit saat menjalani kegiatan sehari-hari. Salah satu solusi atas hal ini adalah dengan melakukan latihan beban dan konsumsi nutrisi khususnya nutrisi otot yang diperlukan tubuh kita pastinya.  

1. Tips saat menjalani latihan otot

- Jangan melakukan latihan otot terlalu lama Tidak sedikit orang-orang yang memiliki asumsi bahwa dengan berlatih di gym dengan waktu lama akan membuat otot semakin cepat terbentuk. Asumsi itu tidaklah benar 100%. Apalagi untuk kalian yang memiliki badan kurus dan metabolisme tubuh yang cepat. Hal yang perlu kita lakukan adalah dengan melakukan latihan secara teratur dan tidak terporsir akan membuat otot terangsang untuk tumbuh. Dengan berlatih terlalu lama akan membuat stress tubuh dan otot. Selain itu recovery ototpun akan berjalan lebih lama. - Lakukan full body workout Untuk kalian yang memiliki tubuh kurus, sangat direkomendasikan agar melakukan latihan otot teratur 3 kali dalam satu minggu menggunakan program fitness yang melatih seluruh tubuh (full body workout). Hindari berlatih dengan cara yang sama secara terus menerus karena akan mengakibatkan otot beradaptasi dan tidak terangsang. Ubahlah pola latihan untuk menghindari terjadinya stagnasi. - Tambah gerakan compound Lakukan gerakan compound atau gerakan yang melibatkan lebih dari satu sendi. Gerakan ini bisa merangsang respon anabolik dalam tubuh kita. Lakukan gerakan compound ini untuk memaksimalkan latihan karena akan melibatkan sebagian besar serat dalam otot kita. - Lakukan Cardio training Latihan cardio sangatlah baik untuk kesehatan jantung kita. Tetapi latihan kardio bisa membakar banyak kalori yang dibutuhkan bagi kalian yang memiliki badan kurus. Dengan alasan ini, maka direkomendasikan untuk melakukan latihan kardio dalam intensitas yang tidak terlalu tinggi.

2. Tips mengatur pola makan

Setelah olahraga, hal lain yang perlu kalian perhatikan adalah tentang pola makan. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui berat badan yang bertambah bukan disebabkan oleh lemak melainkan akibat otot yang terbentuk dan menghasilkan berat dibadan kalian. Konsumsilah makanan dan minuman yang mengandung kalori yang padat seperti biji-bijian, gandum, daging bagian dada, dan lain sebagainya. Dengan konsumsi makanan dan minuman diatas, bisa mencukupi kalori harian kalian tentunya. Selain itu, opsi lain yang bisa kalian ambil adalah dengan konsumsi suplemen fitnes dengan kalori yang tinggi seperti suplemen whey protein ataupun suplemen gainer.

3. Istirahatlah yang cukup

Saat pembentukan otot, hindarilah terjadinya stress. Karena jika kalian merasakan stress, otot akan mengalami katabolik. Pada saat keadaan ini, badan kalian memiliki kecenderungan membakar jaringan pada otot kalian. Yang mengakibatkan massa otot akan berkurang dan hilang. Berusahalah untuk istirahat dengan cukup dan maksimal agar proses recovery otot setelah latihan maksimal. Tidur minimal 8 jam sehari dan minimalisasi aktifitas setelah berolahraga. Nah itu dia Tips fitness untuk badan kurus, tips diatas tidaklah berguna tanpa usaha,pengorbanan,dan pastinya motivasi pribadi dari dalam diri kalian. Jangan pernah menyerah dan berpuas diri adalah kunci efektif untuk mendapatkan bentuk otot idaman. Selalu konsisten dalam melakukan latihan dan selalu konsumsi makanan dan minuman sehat diimbangi (opsional) dengan konsumsi suplemen fitness terbaik menurut ahlinya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!