Cara Merawat Raket Badminton, Apa Yang Tidak Boleh Dilakukan

    Olahraga badminton atau bulutangkis memiliki popularitas yang tinggi diantara berbagai kelompok usia, mulai dari anak-anak hingga orangtua. Salah satu yang menjadi perhatian para pemain badminton ini adalah raket yang mampu bertahan lama. Berikut ini adalah beberapa tips dalam merawat raket badminton agar awet.  

Tips-Tips Cara Merawat Raket Badminton

 

1. Mengganti pegangan raket

Pada dasarnya raket memiliki pegangan dasar yang ditempelkan pada pegangan kayu. Pegangan ini dapat rusak, tergantung pada penggunaannya. Untuk menjaga kenyamanan saat menggunakan raket, sebaiknya ganti pegangan dasar setiap 2-3 bulan. Kalian bisa juga menggunakan pegangan Over untuk melindungi pegangan dasar atau untuk memiliki pegangan yang lebih tebal.  

2. Apabila senar raket badminton putus

Senar raket badminton bisa aus dan putus. Sangat umum terjadi bahwa senar raket putus saat bermain. Untuk meningkatkan umur senar, selalu simpan raket di dalam pembungkusnya dengan aman saat tidak digunakan. Jika ada senar yang putus, potong semua senar. Ini karena meskipun hanya satu senar putus, tegangan pada senar akan didistribusikan secara tidak merata, sehingga memberikan tekanan ekstra pada titik-titik tertentu, dan karenanya akan mengubah bentuk dari kepala raket. ‍

3. Memasang senar pada raket badminton

Jika senar raket badminton putus, maka harus dipasangkan kembali oleh seorang stringer profesional. Selalu gunakan senar multifilamen berkualitas baik. Ketegangan senar juga harus berada dalam kisaran yang disarankan. Sebaiknya minta stringer untuk menyarankan ketegangan senar.  

4. Menyimpan dan membawa raket

Raket badminton rentan terhadap kerusakan eksternal. Karenanya, untuk menjaga rangka raket tetap aman, selalu simpan raket di dalam penutup busa.  

Yang Perlu Dihindari Agar Raket Badminton Tetap Awet

 

1. Shuttlecock memukul bingkai atau frame raket

Saat bermain badminton, cobalah untuk menghindari memukul shuttlecock dengan kerangka raket, terutama saat melakukan smash. Hal ini karena jika shuttlecock mengenai frame raket, maka frame bisa rusak. Oleh karena itu, jika kalian seorang pemula, sebaiknya gunakan raket logam yang lebih tahan lama. Setelah permainan kalian meningkat, kalian bisa beralih ke raket karbon grafit atau modulus tinggi.

2. Bentrokan raket

Saat bermain ganda, pastikan supaya raket kalian tidak saling memukul dengan raket rekan kalian, karena raket grafit / karbon cenderung pecah jika berbenturan, sementara rangka baja / aluminium cenderung bengkok dalam situasi ini. ‍

3. Meletakkan tekanan di atas raket

Jangan pernah meletakkan benda berat atau runcing di atas raket. Tekanan yang tidak diinginkan pada raket dapat mengubah bentuk, kelenturan, dan kekuatan dari raket.  

4. Temperatur tinggi

Hindarkan raket dari temperatur atau suhu tinggi. Raket grafit dan modulus tinggi jika disimpan di bawah sinar matahari atau suhu tinggi akan mulai meleleh dan dengan demikian mengubah bentuknya. Hal ini akan secara drastis mengurangi kekuatan dan daya tahan dari raket. ‍ ‍

5. Ketegangan senar lebih tinggi dari yang direkomendasikan

Ketegangan senar yang lebih tinggi dari yang disarankan atau tegangan senar yang tinggi pada raket lama akan membuat frame raket menekuk atau patah selama permainan berlangsung. Oleh karena itu, pastikan tegangan senar sesuai dengan pedoman yang direkomendasikan.   Sumber: https://toliveproductive.blogspot.com/2020/10/cara-merawat-raket-badminton-apa-yang.html