Tips Gym untuk Pemula Agar Hasilnya Lebih Efektif

  Pergi ke gym untuk pertama kalinya bisa jadi terasa menyenangkan, sekaligus menegangkan. Itulah sebabnya, banyak orang mencari tahu tips gym untuk pemula agar bisa mendapatkan hasil yang efektif, dari latihan yang dijalani. Sebenarnya, keanggotaan gym biasanya mencakup pengenalan dengan pelatih pribadi yang ahli. Jadi, kamu bisa memanfaatkan hal ini sebaik-baiknya, dengan banyak berkonsultasi dengan pelatih di gym. Biasanya, pelatih akan dengan ramah memberi panduan dan saran yang berguna.

Beberapa Tips Gym untuk Pemula

Setiap orang memiliki alasan berbeda untuk bergabung dengan gym. Bagi yang belum pernah berolahraga di gym sebelumnya, mungkin rasa khawatir muncul ketika akan menggunakan peralatan yang ada. Hal ini wajar, tetapi sebaiknya tidak menyurutkan semangat kamu untuk disiplin berolahraga, ya. Bila kamu masih pemula, cobalah untuk fokus pada teknik tetapi jangan terburu-buru. Beristirahatlah selama 60-90 detik di antara setiap set, tetapi teruslah lakukan gerakan ringan seperti jalan santai agar otot tetap hangat dan detak jantung meningkat. Idealnya, lakukan latihan dalam urutan yang tercantum. Ada banyak cara pelatihan dan semuanya bisa bermanfaat tergantung pada tujuan kamu. Bagaimana cara kamu memilih untuk berlatih, ada beberapa tips gym untuk pemula yang dapat dilakukan untuk membantu mendapatkan hasil maksimal dari latihan, yaitu: 1. Tetapkan Tujuan dengan Jelas Langkah pertama yang perlu dilakukan sebagai tips gym untuk pemula adalah meluangkan waktu untuk menetapkan tujuan dengan jelas. Mengapa kamu ingin nge-gym? Bagaimana kamu akan memasukkan olahraga di gym ke dalam gaya hidup kamu? Setelah mengetahui jawabannya, lakukan saja semua yang bisa dilakukan. 2. Coba Mulai dengan 30 Menit sebanyak 3 Kali dalam Seminggu Jika kamu baru memulai pergi ke gym, jangan terlalu memaksakan diri. Cobalah mulai dengan tiga hari seminggu, selama 30 menit saja. Pastikan bahwa kamu melatih diri dengan aman dan efektif. Kemudian, setelah minggu keempat, coba tambahkan 30 menit lagi setiap minggu. 3. Perhatikan Apa yang Kamu Makan Terutama jika tujuan kamu adalah menurunkan berat badan, ingatlah prinsip dasarnya adalah lebih banyak kalori yang digunakan ketimbang yang masuk. Jika kamu berlatih untuk mendapatkan otot, jenis makanan yang kamu makan juga sangat penting. Tambahkan makanan tinggi protein, dan kurangi makanan tinggi lemak. 4. Lakukan Pemanasan dengan Benar Dalam hal menghangatkan tubuh di awal latihan, peregangan berbasis gerakan (juga dikenal sebagai dinamis) adalah yang terbaik. Artinya, segala sesuatu yang melibatkan tidak berdiri diam atau menurunkan detak jantung, misalnya lungewalk out, gerakan yoga sederhana atau pekerjaan kardiovaskular seperti berjalan, cross trainer atau stair master. 5. Jangan Lupa untuk Melakukan Pendinginan Pendinginan setelah sesi olahraga sama pentingnya dengan pemanasan. Jadi, jangan sampai kamu melewatkannya, ya. Ini adalah kesempatan bagus untuk mencoba dan melepas lelah serta melemaskan beberapa area kaku yang baru saja diperjuangkan untuk dilonggarkan. Sumber: https://www.halodoc.com/artikel/6-tips-gym-untuk-pemula-agar-hasilnya-lebih-efektif