Gerakan Yoga Asana dan Manfaatnya, Wajib Dicoba!

  Siapa yang tidak kenal dengan yoga? Olahraga yang satu ini cukup populer karena dinilai tidak hanya membawa efek sehat bagi tubuh melainkan juga bagi pikiran. Yoga telah berkembang sejak kurang lebih 5 hingga 10 ribu tahun yang lalu di India. Kata yoga sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yakni ‘yuj’, yang memiliki makna penyatuan jiwa dan kesadaran yang tiada batas, serta jiwa dan kesadaran yang sifatnya universal dan ilahi. Secara singkat dan sederhana, yoga berarti sesuatu yang dapat membawa jiwa dan raga seseorang kembali menuju kesadaran. Pada praktiknya, yoga merupakan aktivitas fisik yang mengombinasikan meditasi dengan teknik peregangan, pernafasan, keseimbangan, serta kelenturan tubuh demi tercapainya harmoni dan keselarasan antara emosi, jiwa, mental, spiritualitas, dan juga tubuh kita sendiri. Yoga sendiri terdiri dari beberapa jenis, salah satunya adalah yoga asana. Jenis yoga yang satu ini dilakukan dengan perlahan dan disertai rileksasi serta konsentrasi. Hal ini bertujuan agar sistem internal dan eksternal tubuh akan terkena pengaruh, sehingga syaraf, kelenjar, otot, serta organ-organ tubuh bagian dalam dapat berfungsi secara baik. Secara fisik dan kejiwaan, yoga asana memiliki fungsi mengurangi racun serta membantu pemulihan saat sedang sakit. Jenis yoga asana ini juga sangat baik untuk melatih meditasi serta konsentrasi, sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup. Namun berobat ke dokter tetap menjadi hal penting jika kamu merasa kurang sehat. Berikut ini beberapa gerakan yoga asana beserta manfaatnya.  

1. Tadasana

    Pose yoga yang satu ini dikenal juga dengan mountain pose. Gerakan ini merupakan ibu dari semua asana, karena sebagian besar gerakan asana yang berdiri bersumber dari tadasana. Cara melakukannya ialah dengan berdiri tegak, renggangkan kaki sedikit. Biarkan tangan menggantung dari bahu, letakkan di samping tubuh. Tegakkan otot-otot paha, tetapi jangan mengeraskan bagian bawah perut. Kemudian, perkuat lengkungan di bagian dalam pergelangan kaki, serta rasakan aliran energi dari kaki ke kepala. Putarlah pandangan ke atas, bernafas secara perlahan dan rasakan peregangan dalam tubuh saat menahan pose selama beberapa detik, lalu lepaskan secara perlahan pula. Tadasana bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh. Pose ini juga akan memperkuat bagian kaki, pinggul, serta perut. Selain itu, tadasana juga bermanfaat untuk memperbaiki tulang belakang dan meningkatkan kelincahan.  

2. Padahastasana

    Padahastasana juga dikenal sebagai uttanasana, merupakan gerakan yoga asana berdiri membungkuk. Untuk melakukan pose ini, berdirilah di tadasana dan tarik nafas panjang. Mulai menekuk tubuh saat menghembuskan nafas, dengan cara melipat tubuh di bagian pinggang dan letakkan tangan di lantai di samping kaki yang posisinya sejajar antara satu dengan yang lain. Dorong tubuh ke depan saat memperpanjang peregangan, kemudian angkat tulang ekor. Tahan selama beberapa detik, lalu lepaskan secara perlahan. Padahastasana ini disebut sebagai peregangan yang paling kuat. Jenis asana ini mampu membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar dan meningkatkan aliran darah segar yang penuh oksigen dan nutrisi ke kepala. Hal ini menimbulkan efek rasa segar dan meremajakan. Pose ini juga mampu menstimulasi kerja ginjal, hati, serta sistem pencernaan. Melakukan pose ini secara rutin dapat menimbulkan peregangan yang baik di bagian punggung. Secara keseluruhan, padahastasana ini dapat menenangkan pikiran dan mengurangi sakit kepala serta insomnia.  

3. Adho Mukha Svanasana

    Pose ini juga kerap disebut dengan istilah down dog. Cara melakukannya, posisikan badan menelungkup di lantai. Kemudian, angkat lutut dari lantai dan luruskan. Letakkan telapak kaki di tanah. Hal ini mungkin sedikit sulit bagi pemula, namun pastikan bahwa bagaimanapun posisi kakimu, pastikan kamu merasa nyaman dan tidak merasa kesakitan. Berikutnya, ambil dua langkah mundur dan gerakkan tangan ke arah depan sehingga tercipta bentuk V terbalik dari tubuh. Posisi pinggul harus lebih tinggi dari jantung, dengan kepala yang lebih rendah. Biarkan kepala menggantung dan tahan pose ini selama beberapa detik, lalu lepaskan secara perlahan. Asana ini memiliki sejumlah manfaat. Yang pertama, asana ini bagus untuk tulang belakang karena membuatnya memanjang untuk menghilangkan semua stress serta tegang di tulang belakang. Kedua, asana ini juga membuat paha bagian belakang meregang secara sempurna dan membantu memperkuat kedua kaki sehingga menghilangkan banyak beban dari belakang. Efeknya, sirkulasi darah meningkat dan sistem pencernaan pun membaik.  

4. Vrikshasana

      Vrikshasana, disebut juga dengan tree pose, adalah pose menyeimbangkan yang hebat dalam yoga. Cara melakukannya, berdirilah di pose tadasana. Secara perlahan, angkat kaki kanan dari lantai, kemudian peluk lutut kanan. Setelah dirasa cukup seimbang, buka pinggul kanan dengan memutar lutut ke arah luar. Letakkan kaki kanan di paha kiri, lalu tahan posisi ini. Apabila masih pemula, kamu bisa memanfaatkan dinding untuk mendapat dukungan. Selanjutnya, satukan kedua tangan di tengah dada. Arahkan pandangan pada obyek yang jauh agar lebih fokus dan dapat menyeimbangkan tubuh dengan lebih baik. Tahan pose selama beberapa saat, kemudian lepaskan dan ulangi dengan kaki sebelah kiri terangkat. Vrikshasana ini mampu membantu meningkatkan kemampuan untuk fokus dan konsentrasi. Asana ini juga mampu memperkuat tulang belakang dan bagian kaki, membantu koordinasi neuromuskular, serta meningkatkan kemampuan melihat dan mendengar juga memperdalam toraks.   Sumber: https://www.okadoc.com/id-id/blog/gaya-hidup/gerakan-yoga-asana-dan-manfaatnya/