Gerakan Yoga yang Tepat saat Kehamilan Trimester Tiga

  Memasuki trimester tiga kehamilan, menanti kelahiran sang buah hati tentu terasa mendebarkan dan juga membahagiakan. Untuk mendukung kelancaran persalinan, ibu hamil biasanya disarankan untuk melakukan olahraga, seperti yoga. Namun, gerakan yoga yang bisa dilakukan saat kehamilan trimester tiga tidak boleh sembarangan, karena perut semakin membesar. Jika di trimester dua ibu hamil bisa melakukan yoga dengan cukup semangat, di trimester tiga sebaiknya lakukan gerakan yoga yang bersifat menenangkan dan lebih hati-hati. Selama dilakukan dengan benar, mengutip Mayo Clinic, yoga saat trimester tiga kehamilan manfaat, seperti meningkatkan kualitas tidur, mengurangi stres, meningkatkan kekuatan otot-otot menjelang persalinan, dan mengurangi sakit punggung. Rekomendasi Gerakan Yoga saat Kehamilan Trimester Tiga Perlu diingat, setiap olahraga yang dilakukan saat hamil, perlu dikonsultasikan pada dokter terlebih dulu. Termasuk yoga, yang sebenarnya cenderung aman dilakukan. Sebab, kondisi fisik dan kesehatan setiap ibu hamil tentu berbeda-beda. Selain itu, jika belum pernah melakukan yoga prenatal sebelumnya, sebaiknya mintalah bantuan instruktur yoga yang profesional dan sudah berpengalaman. Namun, secara umum, berikut beberapa rekomendasi gerakan yoga yang aman dilakukan ibu hamil trimester tiga, mengutip First Cry Parenting:  

1.Rotasi Bahu

  Gerakan ini dilakukan dengan meletakkan ujung jari di bahu, lalu putar sendi seolah sedang membentuk gambar lingkaran menggunakan siku, searah jarum jam. Lakukan gerakan ini sebanyak lima kali, lalu lakukan di sisi satunya. Jangan lupa tarik napas saat lengan berada di belakang dan di depan. Gerakan ini bermanfaat untuk merangsang otot-otot bahu dan punggung atas, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi kekakuan pada leher.  

2.Menekuk Pergelangan Kaki

  Dimulai dengan kaki kanan, tekuk dan letakkan kaki di lutut kiri. Lalu, pegang jari-jari kaki dengan tangan kiri dan pangkal pergelangan kaki dengan tangan kanan, dan putar pergelangan dengan lembut sebanyak mungkin. Ulangi pada kaki yang satunya. Gerakan ini bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah dan meredakan pembengkakan di kaki.  

3.Pose Kupu-Kupu

    Duduklah dengan kaki terbuka dan tekuk keduanya hingga telapak kaki saling bersentuhan, dekat dengan tubuh. Lalu, rilekskan paha, pegang kaki dengan kedua tangan, dan gerakkan lutut naik-turun, seperti sedang menirukan gerakan sayap kupu-kupu. Gerakan ini dapat meredakan ketegangan pada paha.  

4.Pose Kucing

  Gerakan ini dilakukan dengan berlutut, tarik napas, lalu lengkungkan punggung dan tekuk dagu ke arah perut. Kemudian, buang napas dengan melengkungkan punggung ke depan ketika mengangkat kepala dan memiringkannya sebanyak mungkin. Manfaat melakukan gerakan ini adalah meredakan stres dan merangsang pinggul untuk mempersiapkan persalinan.