Rekomendasi Yoga Block Terbaik

Belakangan ini kesadaran masyarakat terkait kesehatan dan kebugaran tubuh makin meningkat. Ditambah dengan kesadaran akan kesehatan mental, olahraga yoga pun dipilih oleh banyak orang. Supaya gerakan yoga bisa optimal, dibutuhkan beberapa perlengkapan khusus, seperti matras yoga, yoga wheel, serta yoga block.   Dalam artikel ini kami akan membagikan tips memilih serta rekomendasi produk yoga block yang dapat Anda pilih. Merk yoga block yang bagus, misalnya Energetics, Happy Fit, dan Svarga masuk dalam rekomendasi dari kami, lho. Jadi, pastikan Anda membaca artikel ini sampai akhir.

Kegunaan yoga block

 
Sesuai namanya, yoga block atau balok yoga merupakan salah satu prop yang dibuat untuk mendukung gerakan yoga. Misalnya, sebagai perpanjangan tangan atau penyangga punggung, kepala, serta paha supaya pose yoga yang dilakukan presisi. Penggunaannya memang tidak wajib, tetapi instruktur yoga kadang menyarankan Anda memakainya, terutama bila baru mulai berlatih yoga. Selain itu, yoga block juga biasanya sangat bermanfaat bila Anda memiliki cedera atau kondisi medis tertentu. Saat membeli yoga block, pastikan ukurannya sesuai yaitu memiliki lebar minimal 10 cm. Selain ukuran dimensinya, bahan juga perlu Anda pertimbangkan. Pilihlah bahan balok yoga yang cukup empuk dan ringan agar mudah dibawa.

Cara memilih yoga block

Pemakaian yoga block benar-benar perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Nah, kami akan mengulas poin-poin yang perlu dipertimbangkan saat Anda akan membeli balok yoga. Silakan disimak!

Periksa dimensi ukurannya

 
oga block yang ideal memiliki dimensi ukuran tertentu yaitu 23 cm x 11 cm x 7 cm. Namun, ukuran balok yang banyak tersedia di pasaran sekitar 23 cm x 15 cm x 10 cm. Malah bisa jadi Anda menemukan produk dengan dimensi lebih besar atau kecil dari ukuran tersebut. Hal yang terpenting dalam memilih dimensi yoga block adalah kesesuaian dengan lebar tangan dan fleksibilitas Anda. Bila tangan Anda relatif kecil dan Anda cukup fleksibel, balok berukuran kecil bisa menjadi pilihan. Sebaliknya, jika tangan Anda cukup besar serta badan Anda belum terlalu fleksibel, pertimbangkan memilih block yang besar.

Pilih bahan yang sesuai kebutuhan

Di samping ukuran yang beragam, yoga block juga dibuat dari berbagai jenis bahan. Kenali karakteristik masing-masing bahan supaya Anda bisa menemukan produk yang sesuai kebutuhan.

Wood, kokoh dan tahan lama

Wooden yoga block bisa terbuat dari kayu ataupun bambu. Salah satu yang cukup banyak dipakai adalah kayu jati. Makin keras jenis kayunya tentu balok yoga tersebut akan makin kokoh dan tahan lama. Terlepas dari keawetannya, yoga block dari kayu relatif lebih berat dibandingkan bahan lainnya yaitu antara 0,6 kg – 1,1 kg. Selain itu, balok jenis kayu juga cenderung licin saat dipakai untuk menahan tangan yang berkeringat.  

Rekomendasi produk yoga block terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi yoga block terbaik yang bisa Anda jadikan referensi. Pastikan Anda membacanya dengan saksama dan temukan produk yang sesuai kebutuhan  

1. Cegah cedera saat melakukan posisi yang sulit

Melakukan olahraga yoga memang membutuhkan ketekunan. Saat baru memulai, badan Anda mungkin masih belum lentur dan masih sulit melakukan gerakan yoga tertentu. Supaya Anda terhindar dari cedera saat berupaya melakukan posisi sulit, bantulah badan Anda dengan balok yoga ini.
 
Energetics menghadirkan balok yoga dengan dimensi memadai yang akan mendukung badan sedemikian rupa. Selain itu, produk ini antiair sehingga tidak menimbulkan bau kurang sedap akibat keringat.

Kesimpulan

Saat yoga, Anda mungkin harus menekuk atau mengangkat badan sedemikian rupa. Bila Anda memiliki keterbatasan fisik atau masih pemula, sebaiknya manfaatkan balok sebagai alat bantu. Jangan lupa pertimbangkan poin-poin tips memilih di atas sebelum membeli yoga block. rekomendasi produk yoga block yang kami berikan, apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai? Jika sudah, segera masukkan produk tersebut ke keranjang belanja Anda dan selamat berlatih pose yoga dengan optimal.