Tips Berlatih Yoga: Mengetahui Panduan Melakukan Asana Yoga

 

Jangan Lakukan Asana Yoga Ketika…

Ada kondisi kesehatan tertentu yang sangat tidak disarankan untuk melakukan sikap badan terbalik seperti berdiri dengan kepala (headstand), berdiri dengan bahu (shoulder stand) dan membalikkan badan (reverse posture). Ini akan membuat Anda mengalami tekanan darah tinggi, pusing, dan permasalahan serius dengan mata. Jika Anda ragu, konsultasikan kepada dokter sebelum memulai Asana Yoga.  

Dua Minggu Pertama

Dalam beberapa kasus, badan Anda akan terasa sakit hingga dua minggu setelah memulai Asana Yoga. Hal ini dikarenakan latihan yoga membuat tubuh bekerja menghilangkan racun yang tersimpan di dalam darah. Setelah periode awal membersihkan tubuh, Anda akan merasa lebih baik. Semakin banyak racun yang Anda miliki, semakin buruk Anda rasakan pada awalnya. Beberapa gejala yang Anda mungkin alami adalah ada sedikit peningkatan rasa sakit dan nyeri dari biasanya, serta mengalami sedikit kekakuan. Tubuh mungkin menjadi sedikit membengkak dan Anda mungkin merasa sedikit mengantuk pada siang hari. Anda mungkin merasakan sakit pada otot punggung, leher, dan bahu selama beberapa minggu. Untuk mengurangi rasa sakit, lakukan Asana dengan perlahan dan tidak berlebihan. Selain itu, jangan pernah menyerah. Setiap ketidaknyamanan hanya akan bersifat sementara dan Anda akan mulai merasa jauh lebih baik dalam waktu yang relatif singkat.  

Ketika Melakukan Asana Yoga

Saat terbaik untuk melakukan asana yoga adalah pada pagi hari atau sore hari sebelum makan malam. Jangan pernah melakukan latihan ini dalam keadaan kenyang. Sebelum berolahraga, tunggu setidaknya tiga jam setelah makan makanan utama, sekitar satu jam setelah makan makanan ringan seperti sepotong buah, dan sekitar setengah jam setelah minum jus. Setelah menyelesaikan Asana yoga, tunggu sekitar seperempat jam sebelum makan. Waktu terbaik untuk melakukan gerakan yoga adalah sekitar satu jam setelah bangun tidur atau di sore hari. Tunggu sekitar 15 menit sebelum makan. Jangan langsung latihan setelah bangun tidur, karena tubuh akan terlalu kaku. Tunggu minimal satu jam. Sangat tidak dianjurkan untuk melakukan Asana yoga sebelum tidur, karena yoga ini akan merangsang efek yang dapat mencegah Anda untuk tidur dengan nyenyak. Jangan mandi air panas atau mandi setelah yoga, karena ini menarik darah dari organ-organ internal ke permukaan kulit. Dianjurkan mandi dengan air hangat, karena air hangat bersifat netral dan tidak akan memengaruhi latihan yoga.  

Di mana Harus Melakukan Asana Yoga dan Apa yang Harus Dipakai?

Pastikan Anda memiliki ventilasi yang baik di ruangan tempat berlatih yoga. Gunakan karpet tebal atau busa dengan ketebalan yang cukup. Jangan melakukan Asana yoga di tempat tidur karena terlalu lembut, atau di lantai tanpa alas, karena itu akan terlalu keras. Kenakan pakaian longgar, karena pakaian ketat akan membatasi sirkulasi darah ke beberapa daerah tubuh. Pakaian ketat akan mengalahkan salah satu tujuan dari asana yaitu meningkatkan sirkulasi darah ke berbagai bagian tubuh.